Tuesday, February 9, 2016

Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang

Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang - Kali ini Berita Mobil akan mengulas artikel Mobil terbaru berjudul Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang yang dikutip dari Otosia.com. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang, anda bisa menyimak artikel kami tentang Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang dibawah ini.
Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang

Puluhan kendaraan besar di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek ditilang petugas gabungan dari PJR dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi. Penilangan dilakukan lantaran kendaraan tersebut melebihi kapasitas muatan atau overload.

Penertiban ini dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) bekerjasama dengan instansi terkait. Hal ini dilakukan karena truk yang mengalami overload tersebut kerap mengganggu pengguna jalan serta mengakibatkan kerusakan infrastruktur jalan.

"Kelebihan muatan mengakibatkan laju kendaraan menjadi lambat. Padahal batas kecepatan minimum 60 kilometer per jam," kata General Manager PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Yudhi Krisyunoro, Rabu (20/8).

Jika sudah melambat, kata dia, kendaraan lainnya menjadi terganggu, karena ikut melambat. Dampaknya, terjadi kepadatan arus, hingga terjadi kemacetan. Selain itu, kelebihan muatan rentan terjadi kerusakan kendaraan itu sendiri yang memicu gangguan tol.

"Patah As roda bisa sampai tiga jam perbaikan. Apalagi patahnya di jalur, bisa mengakibatkan gangguan cukup lama. Apalagi kalau truk terguling," kata dia.

Kendaraan overload tersebut juga menyebabkan kerusakan badan jalan. Soalnya, beban kendaraan di luar kapasitas dapat menekan badan jalan. Dampaknya, jalan dapat berlubang, bergelombang, amblas, dan lainnya. "Kami sering dikomplain, karena jalannya rusak," kata dia.

Menurut pantauan merdeka.com, pemeriksaan kendaraan yang overload dilakukan di Rest Area Kilometer 33 arah Cikampek. Petugas Dinas Perhubungan Kota Bekasi memeriksa kendaraan itu dengan jembatan timbang portabel.

Truk yang banyak melanggar ialah golongan IV dan V seperti truk pengangkut pasir atau tanah, dan kontainer. Sejauh ini hanya diberikan sanksi tilang oleh Dinas Perhubungan dan Kepolisian dari Patroli Jalan Raya (PJR)

Sekian berita Mobil terbaru dari kami mengenai Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang. Harapan kami artikel seputar Mobil yang berjudul Overload, Puluhan Truk Kontainer Di Tol Cikampek Ditilang ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa terus kunjungi Berita Mobil untuk mendapatkan berita seputar Mobil setiap harinya.